Tips Pengamanan Transaksi

Seiring dengan kemudahan bertransaksi dengan memanfaatkan layanan internet, hal tersebut banyak memicu terjadinya kejahatan online yang dapat dialami oleh siapapun dan menyebabkan kerugian. Nasabah Bank Shinhan Indonesia dihimbau untuk dapat lebih berhati-hati dalam bertransaksi melalui Internet Banking Bank Shinhan Indonesia. Berikut beberapa petunjuk untuk meminimalisir kejahatan online yang dapat terjadi.

 

Waspada Phising

 

Phising merupakan kegiatan yang bertujuan memancing orang untuk memberikan informasi pribadi Nasabah seperti User ID , PIN secara sukarela tanpa di sadari, dan informasi tersebut akan digunakan untuk tujuan kejahatan dengan beberapa cara berikut :

"Membuat website palsu yang memiliki alamat domain URL dengan tampilan yang mirip dengan situs resmi milik Bank."

"Mengirim email atau chatting yang menginformasikan URL Link dan meminta nasabah login menggunakan User ID dan PIN pada website tidak resmi."

 

Tips : 

"Pastikan anda mengakses Bank Shinhan Internet Banking melalui alamat resmi situs Bank Shinhan di www.shinhan.co.id dan klik Internet Banking atau langsung ke halaman login Bank Shinhan Internet Banking di https://online.shinhan.co.id/global.shinhan."

"Hindari mengakses halaman web dengan meng-klik alamat URL/Link yang mengarahkan untuk membuka halaman web palsu."

"Perhatikan setiap URL/Link yang di akses pada browser."

 

Apabila anda merasa halaman web yang di kunjungi berbeda dari halaman web resmi milik Bank segera hentikan transaksi dan segera hubungi Bank Shinhan Call di 1500881.

 

 

Waspada Malware

 

Malware (malicious software) : merupakan perangkat lunak berbahaya yang sengaja di buat untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, sistem, jaringan, bahkan mencuri data. 

Virus adalah merupakan program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyisipkan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat merusak sistem, aplikasi, dan data yang di simpan pada komputer.

Spyware adalah program komputer yang dapat mengintai setiap aktivitas pengguna dengan tujuan untuk mencuri data rahasia sepertu User ID dan password.

Trojan adalah program lunak komputer yang di buat dengan tujuan untuk mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.

Backdoor merupakan program yang hampir sama seperti Trojan, namun Backdoor dapat menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.

 

Tips : 

"Pastikan komputer yang anda gunakan bersih dari malware, virus/backdoor, trojan/spyware. Lakukan scanning dengan software Antivirus secara rutin."

"Hindari mengakses atau men-download file/program di halaman web yang tidak dikenal/tidak dapat dijamin keamanannya."

"Pastikan firewall pada sistem operasi anda dalam keadaan aktif."

 

Transaksi ATM

 

Untuk kenyamanan dan keamanan anda bertransaksi di Bank Shinhan ATM, agar dapat diperhatikan beberapa hal berikut:

"Mengganti PIN ATM anda secara berkala."

"Jangan menerima pihak yang menawarkan bantuan di ruang ATM."

"Jangan meminjamkan kartu ATM dan memberitahukan PIN anda kepada orang lain."

"Petugas Bank Shinhan tidak pernah meminta PIN dari Nasabah."

"Hindari mencatat PIN anda dimanapun misal; di kartu debit dan dompet anda."

"Menutup tombol pinpad dengan tangan pada saat anda memasukkan PIN ke ATM."

 

Transaksi Mobile Banking

 

Untuk kenyamanan dan keamanan anda bertransaksi di Apliksi Mobile Banking Bank Shinhan Indonesia, agar dapat diperhatikan beberapa hal berikut:

"Download aplikasi Mobile Banking Bank Shinhan Indonesia (SOL Indonesia) hanya melalui situs resmi Playstore (Android) dan Appstore (IOS)."

"Jaga kerahasiaan User-ID, Password, M-PIN dan SMS OTP."

"Hindari penggunaan data pribadi untuk Password dan M-PIN."

"Lakukan perubahan Password dan M-PIN secara berkala."

"Hindari akses link yang diberikan melalui WA/Email/SMS dan media lainnyadari pengirim yang tidak dikenal."

"Hindari penggunaan WIFI Publik pada saat mengakses aplikasi SOL Indonesia."

"Perhatikan notifikasi yang dikirimkan oleh Bank Shinhan Indonesia melalui SMS/Email terkait transaksi maupun perubahan data. Apabila transaksi tidak dikenal atau jika terdapat masalah lainnya, segera hubungi Call Center Bank Shinhan Indonesia 1-500-881."

 

Apabila anda memiliki pertanyaan silahkan dapat menghubungi Bank Shinhan Call di 1500881.