Pembayaran Menggunakan QRIS

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

 

Bagaimana menggunakan QRIS di Mobile Banking SOL

 

FAQ

1. Apa itu QRIS ?

  • Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia  agar poses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.  


2. Apakah ada biaya transaksi jika melakukan pembayaran dengan fitur QRIS?

  • Tidak ada biaya (gratis)


3. Berapa limit transaksi menggunakan fitur QRIS ?

  • Rp. 10.000.000,- per transaksi
  • Limit per hari mengikuti limit Mobile Banking SOL Nasabah


4. Apakah saya dapat memberikan tips transaksi ?

  • Pemberian tips dapat dilakukan pada transaksi pembayaran dengan cara melakukan pengisian jumlah tips pada kolom Tips yang disediakan. Sedangkan pemberian tips pada transaksi tertentu seperti donasi tidak disediakan


5. Apa yang harus saya lakukan jika muncul pop up “Check Status” ?

  • Tombol “Check Status” ditampilkan apabila Bank tidak menerima informasi status pembayaran. Pilih tombol “Check Status” agar sistem melakukan pengecekan kembali status akhir transaksi anda. Ada tiga kondisi informasi status transaksi yang mungkin terjadi setelah anda   melakukan klik pada tombol “Check Status” (Transaksi Sukses, Transaksi Gagal, Transaksi Sedang Diproses)


6. Bagaimana jika saya mendapatkan pesan “Transaksi Gagal” setelah “Check Status “?

  • Jika transaksi gagal, maka dana akan dikembalikan ke sumber rekening dan dapat mengulang kembali transaksi dari awal dengan melakukan scan kode QR


7. Bagaimana jika saya mendapatkan pesan “Transaksi Sedang Diproses” setelah “Check Status"?

  • Bank tidak mendapatkan informasi status transaksi sehingga transaksi belum bisa dinyatakan sukses maupun gagal. Untuk kondisi ini, dana  tetap didebit, dana akan dikembalikan 1 hari kerja setelah proses rekonsilisasi dilakukan dan dinyatakan transaksi tersebut gagal


8. Bagaimana saya bisa menghindari kesalahan jumlah pembayaran atau kesalahan penerima dana ?

  • Setelah memasukkan informasi transaksi, tersedia layar untuk konfirmasi sebelum Nasabah melakukan otorisasi transaksi. Lakukan pemeriksaan    kesesuaian nama penjual/penerima dana dan jumlah pembayaran untuk menghindari kesalahan


9. Berapa SLA penyelesaian keluhan Nasabah terkait transaksi QRIS ?

  • SLA penyelesaian keluhan Nasabah adalah maksimum 14 hari kerja


10. Bagaimana saya mengetahui apakah transaksi saya telah dikembalikan oleh pihak penjual/penerima dana?

  • Jika pihak penjual/penerima dana telah melakukan pengembalian dana, Nasabah dapat melakukan pengecekan transaksi melalui Inbox pada  aplikasi SOL. Jika terdapat refund, Nasabah akan menerima pesan pada inbox.