Rekening PMI

Rekening aktif (non-dormant) dalam mata uang rupiah bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank.

 

Keuntungan


  

Keuntungan membuka rekening Bank Shinhan Indonesia:

  • Khusus dirancang untuk PMI agar dapat menerima asuransi jaminan kepulangan setelah selesai bekerja di Korea (rekening non-dormant)
  • Mudah diakses secara online melalui mobile banking SOL Indonesia
  • Pembukaan rekening yang dapat dilakukan melalui aplikasi SOL Indonesia (Pembukaan rekening online)
  • GRATIS biaya transaksi hingga 30x per bulan melalui SOL Indonesia dan GRATIS biaya transaksi hingga 20x per bulan menggunakan ATM dengan jaringan Prima & ATM Bersama*
  • Deposito berjangka online dengan suku bunga yang kompetitif
  • Kartu ATM Bank Shinhan Indonesia dapat digunakan di Korea Selatan dengan jaringan EXK atau APN
  • Langsung dapat notifikasi uang keluar atau masuk melalui aplikasi SMAIL


Berbagai keuntungan lainnya yang dapat diperoleh saat di Korea Selatan:

  • Shinhan Bank Korea merupakan Bank nomor 1 di Korea Selatan sehingga memiliki jaringan yang sangat luas, tersedia 877 cabang dan sekitar 5.750 mesin ATM yang tersebar di seluruh penjuru Korea Selatan.
  • Kirim uang antar negara jadi lebih CEPAT dan MURAH. Kirim uang dari Korea di pagi hari, terima di Indonesia pada hari yang sama.
  • Klaim asuransi jaminan kepulangan sebelum meninggalkan Korea melalui aplikasi SOL Global (tersedia dalam Bahasa Indonesia)


*) Dapat berubah sesuai kebijakan Bank, promosi gratis biaya lainnya akan segera menyusul

 

Syarat dan Ketentuan

Pembukaan rekening kini semakin mudah dan dapat dilakukan dimana saja.

Ketentuan pembukaan rekening melalui SOL Indonesia:

  • Memiliki e-KTP
  • Memiliki alamat email dan nomor telepon selular yang aktif
  • Belum memiliki rekening di Bank Shinhan Indonesia sebelumnya
  • Surat pernyataan membuka rekening aktif (non-dormant)


 

Informasi yang Perlu Diketahui

Kabar gembira bagi PMI yang akan berangkat ke Korea Selatan!
Bank Shinhan Indonesia dapat memberikan kemudahan untuk klaim dana asuransi setelah pulang dari Korea Selatan nantinya.


1. Asuransi yang dapat di klaim oleh PMI saat akan kembali ke Indonesia

  • Asuransi Jaminan Kepulangan(출국만기보험), asuransi ini biasa disebut juga sebagai uang pesangon PMI sewaktu akan kembali ke Indonesia.
  • Asuransi Biaya Kepulangan(귀국비용보험) merupakan uang tiket untuk PMI sebesar KRW 400.000.


2. Cara yang nyaman untuk klaim dana asuransi

  • Buka rekening di Bank Shinhan Indonesia dan daftar transfer pengembalian dana otomatis oleh EPS Center Indonesia (HRDK) dan perusahaan asuransi di Korea atau;
  • Menggunakan SOL Global untuk klaim Asuransi sebelum kembali ke Indonesia.


3. Rekening pasif (dormant)

  • Rekening pasif atau dormant adalah rekening yang tidak bertransaksi selama kurang lebih 6 bulan secara berturut-turut. Jika sudah menjadi pasif, rekening tersebut tidak dapat digunakan untuk menerima dana transfer. Cara mengaktifkan rekening tersebut harus mengunjungi cabang terdekat untuk membuka kembali rekening menjadi aktif.  Khusus untuk PMI, telah dirancang rekening non-dormant apabila sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank.


4.  Re-CDD (Customer Due Diligence)

  • Re-CDD adalah proses memperbarui informasi Nasabah setiap 1 – 3 tahun. Dengan demikian, Nasabah harus memperbarui nomor telepon selular dan alamat email menggunakan SOL Indonesia.  Pembaharuan ini bersifat mandatory agar bisa mendapatkan fasilitas rekening non-dormant.


5.  Cara menghindari penipuan di Korea Selatan

  • Transfer uang lebih aman dan terjamin menggunakan Bank terkemuka
  • Rahasiakan ID pengguna, kata sandi, nomor kartu dan PIN untuk menghindari pencurian data dari pihak yang tidak bertanggung jawab
  • Bank Shinhan Indonesia atau Shinhan Bank Korea tidak pernah meminta informasi pribadi Nasabah atau SMS OTP
  • Hati-hati terhadap penipuan melalui telepon, email atau SMS

Lainnya

Klik disini untuk download  brosur Rekening PMI 

Klik disini untuk download surat pernyataan dan sampaikan pada petugas Bank Shinhan saat training di pusat pembelajaran

Application Form

Download Form